Monday, November 11, 2013

About time


Judul film buah karya Richard Curtis ini benar2 cocok mewakili kisah ceritanya.
Dari satu frasa sederhana tsb, saya menerjemahkannya menjadi dua arti berikut:
1. "tentang waktu"
Ceritanya mengenai sebuah keluarga bermarga Lake, di mana anak lelaki yang menginjak usia 21 tahun akan diberitahu oleh lelaki generasi di atasnya mengenai kekuatan mereka yang turun temurun, yaitu menjelajah waktu (time travelling).
Mereka hanya bisa menjelajah waktu yang lalu dan tidak bisa ke masa depan. Mereka pun tidak bisa kembali ke masa lalu yang melangkahi satu proses kelahiran. Hal tsb dikaitkan dengan teori bahwa sedetik saja selisih waktu, maka bisa mempengaruhi sperma mana yang akan membuahi sel telur.

Dengan kekuatan inilah Tim 'membuat' kesempatan untuk mendapatkan cinta Mary (diperankan oleh Rachel McAdams), gadis yang tidak sengaja ia temui di sebuah restoran 'buta', yang menambahkan suasana romantis dalam alur hidupnya yang membosankan.

2. "masalah waktu"
Tidak perduli apa yang direncanakan manusia, semua sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa dan pasti akan terjadi seperti itu. Termasuk di dalamnya proses kelahiran, bertumbuh, dan kematian.
Seberapa pun inginnya Tim bertahan dan kembali ke masa ayahnya masih hidup, pada akhirnya ia tetap harus merelakan kepergian ayahnya ke alam lain dan menyambut kehadiran anak ketiganya.
Secara perlahan ia pun belajar menjalani hidupnya serta menikmati perjalanan waktu.

Biarlah waktu membantu kita memulihkan diri dari rasa sakit dan atau pengalaman pahit yang kita alami, dengan alurnya yang cepat atau lambat.

Pelajaran lain yang bisa diperoleh saat menonton film ini adalah supaya kita belajar mencintai kehidupan yang kita miliki dan melewati hari2 dengan pikiran positif. Sehingga walaupun hari yang kita jalani sangat berat dan melelahkan, kita masih bisa bersyukur dan menganggapnya indah.
Juga untuk dapat menghargai kehadiran orang2 di sekitar kita dan tidak menunda menunjukkan rasa sayang kepada mereka.

Film ini dibumbui dengan sedikit humor sehingga tidak membosankan seperti film romantis lain yang cenderung melankolis dan menguras air mata.
Contohnya adalah kelakuan paman Desmond yang agak linglung, Tim yang terus memutar-balikkan waktu di adegan bercinta dengan Mary, juga gambaran betapa kesalnya seorang lelaki saat menunggui istrinya menentukan pakaian mana yang akan dikenakan untuk menghadiri suatu pesta.

GanCit 05112013
© by WP

* picture taken from imdb.com

No comments:

Post a Comment

Left your comment..