Friday, December 3, 2010

Akhirnya, Bukan Lagi Pengacara


Kemaren hari Kamis (2/12/2010) siang, gw dapet sms(short message service) dari sodara jauh gw. Dia bilang prusahaannya lagi butuh seorang translator mandarin-inggris karena perusahaannya mo expand ke RRC, dan translator yang bekerja di sana slama hampir 7 bulan minggat tanpa tedeng aling2. Berhubung gw emang lagi nganggur n Jumat biasa ngga da jadwal apa2 slain malem maen voli di Depok, akhirnya gw setujuin tawaran dia buat interview jam 10 di daerah Lippo Karawaci. Ngga berapa lama, dia sms lagi n bilang ada satu lagi tawaran jadi interpreter. Diliat dari caranya sih, ini termasuk interpreter freelance. Sebenernya bayaran yang ditawarkan sangat menggiurkan, 20jt untuk masa perjalanan ke RRC 10 hari. Wuihh.. enak banget kan?! Sayangnya, pas gw menelpon ke si pemberi job (kira2 jam 2.30 sore), dia minta gw untuk interview segera di Pancoran. Dengan begitu, klo terjadi kesepakatan, bisa langsung diurus visanya hari ini (Jumat, 3/12/2010), Senin brangkat ke RRC. Berhubung gw tinggal di BSD n malamnya (jam 5.30 sd  8.30) ada jadwal ngajar, akhirnya gw tolak. Mana mungkin bolak-balik dalam jangka waktu demikian pendek. Belum lagi harus mencari lokasi interview. Pasti abis waktu di jalan, pikir gw.. Belum jodoh ma tuh duit. Hahaa..
Setelah memutuskan untuk tidak memaksakan diri memenuhi panggilan 20jt tadi, gw terusin maen komputer n nginet (browsing internet). 2 bulan blakangan setelah gw resign dari prusahaan trakhir di BSD, emang inilah pekerjaan gw. Menatap layar komputer, membaca n membalas notes ato komen temen2 di fb, baca trit n menjalin komunikasi di kaskus, lalu belajar sedikit2 untuk bisnis MLM gw. Klo dipikir-pikir, mata gw kasian banget. Begitu terus tiap hari sampe subuh..
Yang tidak disangka, masih pada hari yang sama jam 11 malam, ada yang sms. Isinya panggilan interview di Kemang keesokan hari (yang tak lain adalah hari ini) jam 2.30. Lantas, gw susun rencana. OK. Pagi jam 10 interview di Karawaci, rada sorean ke Kemang, trus langsung mluncur ke Depok. Perfect!!
Singkat kata. Tadi pagi gw bangun jam 7. Sengaja memang, mengingat kebiasaan gw yang susah bangun n rada lelet. Hehe... Alarm berbunyi, gw pun membuka mata. Tak disangka tak diduga hujan datang tanpa diundang. Gw merasa agak BT, "Duh pake acara ujan lagi.. Dan denger dari suaranya, kayanya hujan yang bakal awet.. Parah.." Gw lalu bangun. Ada suara yang menghibur dalam otak gw, "Biasanya kalo kita mo melakukan sesuatu dan tiba2 ada hambatan, bisa berarti suatu hal baik akan terjadi." Hope so deh.. Selesai mandi n bersiap-siap, akhirnya jam 9 gw berangkat. Masih gerimis di luar.. Sempet nyasar n jalan kelewatan, tapi untung sampai di lokasi tepat jam 10. Gw disuruh nunggu sebentar, lalu masuk dan mengerjakan tes. Soalnya berupa penerjemahan istilah2 khusus perdagangan (retail), pendefinisian, dan menerjemahkan satu paragraf instruksi. Rasa khawatir mendera. Meski untuk percakapan dan penerjemahan gw OK, tapi gw buta dalam bidang yang satu ini. Akhirnya cuma bisa pasrah menyerahkan soal ujian gw ke pengawas. Dia lihat sebentar, lalu datang satu orang lagi, dan mereka berdua berbagi tugas memeriksa hasil kerja gw. Tak lama perbincangan yang biasa dilakukan waktu interview pun terjadi. Bla bla bla.. Selesai. Kita pun bersalaman. Setelah mereka meninggalkan tmpat ujian, gw sms-in soadara gw mengabarkan gw dah slese interview n minta ketemu. Dia suruh gw ketemuan di luar aja. Ya udah, gw nurut. 
Pas gw dah di luar nungguin sodara gw, si pengawas tiba2 kluar. Dia bilang, "ye.. kok maen kabur aja?" Gw jawab, "Saya kirain dah selesai.." Akhirnya gw masuk lagi, sms sodara gw minta dia untuk nunggu sebentar lagi, dan ngobrol lagi ma pengawas. Tak lama dia bilang, "Ok. Selamat ya permintaan gajimu disetujui n bisa mulai kerja Senin depan tanggal 6." Wuaa.. Ini adalah interview gw yang paling cepat dapet respon lhoo.. :D 
Setelah mengucap terima kasih dan benar2 berpamitan, akhirnya gw ketemuan ma sodara gw, ngobrol sbentar lalu pamit pulang. Yang tadinya rencana mo ke Kemang untuk interview, langsung gw batalin. Ya iyalah, wong dah keterima kerja kok.. :D (lagi)
Karena sudah tidak ada beban dan jam maen voli di Depok masi lama (gw selesai smua proses interview kira2 jam 12), gw akhirnya memutuskan untuk mampir di SMS (Summarecon Mall Serpong) buat jalan2 n skalian lunch. Dah laper beraatt.. :P
Akhirnya, gw bukan lagi pengacara (pengangguran banyak acara). Moga pekerjaan kali ini bisa gw lakoni dengan baik.. ^^
Dan satu lagi yang gw pelajari. Apa yang kita anggap baik belum tentu baik, demikian pula sebaliknya. Kala kita menemui hambatan, laluilah dengan keberanian, karena sesuatu yang indah sedang menanti di baliknya..

bsd03122010
© by WP
* picture taken from http://radiopatria.net/im/imp/100812_050825.jpg

No comments:

Post a Comment

Left your comment..