Tuesday, March 28, 2017

Second Year WHV

Pada tanggal 19 November 2016 (sebulan lebih setelah saya tiba di Australia) terbit kebijakan bahwa visa subclasss 462 (Work and Holiday Visa) sudah dapat mengajukan perpanjangan masa tinggal menjadi 2 tahun. Kabar ini jelas diterima dengan suka cita, terutama bagi yang senang travelling atau yang memang bertujuan meraup dolar sebanyak-banyaknya.
More time, more opportunity kan?

Bila pengajuan WHV tahun pertama menggunakan form 1208, maka WHV tahun kedua (selanjutnya disebut '2nd WHV') menggunakan form 1464.
Penjelasan (definisi), persyaratan dan form pengisian bisa dilihat/dibaca di https://www.border.gov.au/Forms/Documents/1464.pdf

Secara garis besar, syarat pengajuan 2nd WHV (462) adalah usia kurang dari 31 tahun, bekerja selama 88 hari di Australia bagian utara (Northern Australia) yang meliputi seluruh wilayah Northern Territory, juga sebagian Western Australia dan sebagian Queensland yang berada di atas garis Tropic of Capricorn (bila peta dilihat secara normal, dengan kutub utara di bagian atas..). Bidang usaha yang ditentukan yaitu agriculture & forestry (farming/perkebunan dan peternakan), hospitality & tourism (contohnya bekerja di hotel atau restoran), serta fisheries (penangkapan ikan termasuk pearling alias budi daya mutiara).
Agak berbeda dengan kembaran visa 417 (Working Holiday Visa) yang mengharuskan pemohon untuk bekerja di sektor pertanian namun bebas di mana saja di dalam Australia.

Proses pengajuan bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu off-shore dan on-shore.
Apabila pada grant notice letter WHV pertama ada condition yang menyatakan 'no further stay' maka mau tak mau kita harus meninggalkan tanah Ausie dan mengajukan permohonan dari Indonesia << off-shore.
Bila tak tercantum condition tersebut di atas, maka aman dan bisa langsung mengajukan permohonan extention selagi berada dalam negeri kangguru << on-shore.

Pengajuan permohonan bisa dilakukan via mail/post dan secara online.
Berhubung payslip saya dikirim via email, maka saya berpikir bahwa pengajuan online akan lebih mudah karena saya hanya perlu mengumpulkan/download semua payslip, kemudian menambah scan beberapa dokumen yang diperlukan.
Dokumen yang saya serahkan antara lain form 1464 yang telah diisi dan ditandatangani petinggi perusahaan tempat saya bekerja (boleh manager atau owner, tergantung skala bisnis), halaman identitas paspor, grant notice letter WHV pertama (sebagai pelengkap travel document), payslip, dan bank statement.

Proses pengajuan sbb:
1. Login ke website https://online.immi.gov.au/lusc/login
akan ada 16 pertanyaan meliputi identitas diri, kesehatan dan perilaku, pengalaman kerja, dsb.
Setelah selesai, barulah sampai ke halaman untuk melampirkan persyaratan.
Status : incomplete

2. tanggal 20 Maret, mengunduh semua payslip dari email.

Supaya payslip selama beberapa minggu bekerja bisa menjadi satu file saja, saya menggunakan fitur merge dari smallpdf.com. Bila file merge-nya terlalu besar, bisa di-compress dengan bantuan fitur dari ilovepdf.com.
Kenapa saya ngga lanjut pakai jasa smallpdf? Karena fitur compress sudah termasuk fitur premium alias harus bayar dan upgrade ke member pro or business.

Sambil menunggu juga bank statement dari Commonwealth..
Cara apply-nya, log in ke https://www.my.commbank.com.au/netbank/Logon/Logon.aspx
cari menu 'my account' lalu 'order statement' di bagian tab kanan, kemudian setting agar file tsb dikirimkan via email saja.

Setelah semua lampiran diunggah ke web immi Australia, maka status akan berubah menjadi ready to submit.

3. klik 'submit'
4. melakukan pembayaran untuk proses pengajuan 2nd WHV senilai AUD 440.
Karena pembayaran menggunakan kartu secara online, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar $4.31
5. terima tax invoice/receipt (proses ini selesai dengan sempurna di tanggal 21 Maret)
6. pada proses normal, ada tahapan untuk melakukan tes kesehatan atau medical check up (MCU).
Berhubung saya baru melakukan MCU saat pengajuan WHV pertama yang berarti kurang dari satu tahun lalu, maka saya cukup melampirkan nomor HAP ID dan menuliskan keterangan kapan tanggal MCU terakhir kali.
7. Visa granted tanggal 27 Maret (less than a week after submission)

---
Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya
Q: Visa pertamanya berlaku sampai kapan?
A: masih sampai pertengahan Oktober 2017

Q: Lalu masa berlaku 2nd WHV dihitung mulai tanggal berapa? Berlaku sampai kapan?
A: 2nd WHV berlaku sehari setelah WHV pertama expired. Dengan kata lain, masa tinggal di Australia adalah dua tahun semenjak pertama kali menginjakkan kaki di negeri ini.

Q: Sempat kerja apa di Darwin (NT)? Berapa lama?
A: Saya double-job, kerja housekeeping (hotel) dan sebagai pramusaji restoran.
secara rata-rata, bekerja di hotel seminggu 5 hari, 4-6 jam di pagi hari, dan di restoran kerja 3 hari selama 4-5 jam di akhir pekan. Totally worked in the hospitality industry for 4 months.

Q: Bagaimana cara menghitung 88 hari kerja persyaratan? 
A: Sebenernya belum ada peraturan resmi yang menuliskan secara gamblang bagaimana perhitungan hari kerja sebagai syarat untuk mengajukan permohonan 2nd WHV. 
Sempat beredar berita bahwa yang dipertimbangkan adalah besarnya upah yang diperoleh dalam jangka waktu seminggu. Nilai minimumnya adalah 38 jam (standar jumlah jam kerja per minggu) dikali dengan $17.70 = $672.60 before tax, akumulasi selama 13 minggu (setara 91 hari kalender).
Angka upah tsb tertera di dalam form 1464. 
Ada yang bilang lagi, itu mah buat pekerja full time, buat casual worker mesti tambah lagi 25%. 
Ah, ribet.. (memang dasarnya sifat saya agak ngeyel dan tak terlalu suka dengar 'kata orang').
Kemudian saya membuat tabel untuk mencatat dan memonitor jumlah jam kerja dalam seminggu serta upah yang saya terima. Beres kan?
Dalam form 1464, ditanyakan jumlah hari kerja sesungguhnya (actual number of days worked), saya isi dengan jumlah hari kerja (tanpa melihat jumlah jam kerja dalam satu hari) terhitung semenjak saya bekerja di perusahaan itu, bukan semenjak tanggal 19 November.
(Q) Lah kok gitu?
(A) ya karena saya bernaung di suatu perusahaan secara non-stop 4 bulan, saya menerima payslip semenjak saya mulai bekerja, dan manager ataupun owner pun sudah mengetahui dan menandatangani form 1464.
so, what's the problem? Saya toh ngga membuat informasi palsu..

Q: Bila berganti pekerjaan, apakah dihitung dari nol lagi?
A: Misalkan sempat kerja di farm (dengan gaji legal, bayar pajak) selama 15 hari (setara 3 minggu kerja dari hari Senin sampai Jumat tanpa jeda hari), lalu merasa ngga betah, pindah ke daerah kota dan bekerja di restoran. Maka jumlah hari kerja di resto akan digabungkan dengan jumlah hari kerja sebelumnya di farm.

---
Sekian, semoga bisa sedikit memberikan gambaran berapa lama Anda mesti bekerja untuk bisa memenuhi syarat mengejar 2nd WHV.
Selamat berjuang!!

© by WP
Manly 040417