Sunday, February 6, 2011

Sedaur Bunga


Daur hidup bunga: kuncup, merekah, layu, lalu berguguran..

Begitu pula hidup manusia.. 
- Berawal dari terlahir ke dunia dalam keadaan telanjang dan suci tanpa dosa. 
- Lalu tumbuh menjadi anak kecil yang sehat dan ceria. Belajar dari tertatih berjalan hingga mampu berlari berkejaran dengan teman-teman sekolahnya.
Masa yang tepat untuk mengetahui dan mengembangkan potensi yang dimiliki si anak. 
- Beranjak remaja. Mulai mengepakkan sayap relasi, menambah teman dari segala jaringan dan koneksi, entah dalam nyata ataupun maya. Saatnya merasakan reaksi kimia terhadap lawan jenis, bergumul dengan bimbang dalam hati, getar-getir tapi mengasikkan.. :p 
- Kemudian, upgrade level menjadi seorang dewasa. Yang seharusnya sudah dapat menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya, tidak sekedar menuntut hak,pula dapat memikirkan tentang segala konsekuensi baik dan buruk sebelum memutuskan sesuatu.. 
- Menjadi tua. Hal yang mungkin ditakutkan sebagian orang, karena inilah stage terakhir dari runutan hidup manusia. Tak ada yang bisa dilakukan selain menjalani sisa waktu yang ada dan bersiap diri dijemput dewa/malaikat kematian/pencabut nyawa (disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing..).
- Dan terakhir, meninggal. Inilah sesungguhnya akhir dari perjuangan seorang manusia. Di kala ia tak mampu lagi menahan diri dari serangan peristiwa di dunia dan harus merelakan napas terakhirnya terhembus keluar paru-paru. 
Pada saat inilah kita bisa melihat sebagaimana seseorang itu menjalankan hidupnya. Apakah diterima atau ditolak orang sekitarnya..

'Hidup adalah misteri'. Kita tak pernah tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini. Bahkan seorang peramal pun tak pernah memperhitungkan nyawa mereka sendiri. So, seperti yang sudah pernah dikatakan di sini, "never put off till tomorrow what you can do today".. Jalanilah setiap hari bahkan tiap detik hidup Anda dengan lebih bermakna.. :)


bsd06022011
© by WP

2 comments:

  1. jempol banget! puisi pengantarnya begitu indah, picture-nya juga bicara.... bagus banget, Winda...^^

    -Agnes Bemoe-

    ReplyDelete
  2. makasi mba Agnes.. ^^

    itu fotonya dah saya ambil beberapa waktu lalu..
    Waktu itu sih idenya mo bikin puisi tentang bunga. Eh akhirnya malah nyambung ke kehidupan.. :)

    ReplyDelete

Left your comment..